Masalah TwLauncher pada handset Samsung berOS Android Froyo

Beberapa waktu yang lalu saya mengalami masalah pada handset Android saya (Samsung Galaxy Mini) yang mendadak tanpa sebab yang jelas, crashed dan meminta force close setiap kali saya ingin ke Home dengan pesan “Sorry! The application Twlauncher (process.com.sec.andoid.app.twlauncher) has stopped unexpectedly. Please try again.” Setiap force close, dia akan kembali mencoba mengakses  Home, dan force close lagi, begitu seterusnya sampai handset saya hang dalam mode vibrate.

Mau cari tahu cara penyelesaian masalahnya di Google, gimana caranya dong, secara yang bisa dipake internetan lagi atit begitu :3

Maka kita lewati saja bagian galau semalam bersama Risti karena dia nggak bisa ngapa-ngapain tanpa Androidnya dan hanya terbaring nyalang menatap langit-langit kamar, dan fast forward sampai keesokan harinya di kantor, di mana saya  bisa numpang browsing.

Dari  beberapa link yang saya browse, akhirnya saya bisa menyelesaikan masalahnya seperti berikut:

1. Masalah saya kemungkinan disebabkan oleh widget Time yang saya tempatkan di Home. Widget ini bawaan Android yang bisa kita pilih untuk pasang atau tidak. Bukan shortcut clock loh ya, tapi widgetnya. Bentuk widgetnya adalah bar hitam dengan susunan analog clock, hari tanggal, dan digital clock.

Dari awal widget ini memang agak bermasalah; suka nggak sinkron dengan time actual yang diset di Setting – Date and Time. Tapi tidak saya hiraukan karena sebetulnya saya nggak terlalu sering melihat hape untuk mengetahui jam, jadinya sebenernya nggak guna juga widget  itu saya pasang di situ. Entah ya kok nggak saya lepas saja. Mungkin karena malas.

Jadi untuk anda yang memasang widget clock di Home, sebaiknya hati-hati.

2. Kunci dari masalah ini adalah harus bisanya anda mengakses menu Setting – Application – Manage applications untuk membersihkan data TwLauncher. Namun bagaimana bisa mengakses Setting sementara OS crash terus?

3. Saya lalu mengakses market lewat komputer untuk mendonwload app pengganti  TwLauncher. Waktu itu saya pilih ADW Launcher. Secara otomatis market akan mengirim app ke handset melalui metode donwload. Begitu bar status donwload muncul, saya cepat-cepat drag and hold bar itu jadi begitu nanti donwload selesai saya langsung bisa execute app. Begitu app diexecute, baru saya bisa mengakses menu-menu yang ada. Langsung masuk ke menu Setting – Applications – Manage applications – All atau Running, cari Samsung Home (nama lain process.com.sec.andoid.app.twlauncher) lalu Clear data.

4. Voila.

5. Setelah Clear data, semua shortcut yang sudah anda setel di Home akan hilang, jadi anda harus reset shortcut kembali. Setelah mengembalikan fungsi TwLauncher, maka terserah anda akan menggunakan TwLauncher seterusnya atau ganti dengan app pengganti tadi.

5 thoughts on “Masalah TwLauncher pada handset Samsung berOS Android Froyo

  1. Pingback: Mengatasi masalah TWLauncher tanpa ribet dan tanpa hapus data | Sempak Merah

Leave a Reply

