Memasang Peramban Firefox 4 di Ubuntu

Bok, kan lagi ngetren tuh FF4, sampe saya yang baru unduh paketnya kemaren bisa dibilang basbang. Tapi basbang kan masih lebih baik daripada basbangpret. Alah. Maksudnya, lebih baik telat daripada hamil. Belum punya suami sih. Alah, apa sih. Yak intinya adalah saya udah unduh!

Saat mengunduh, saya pergi ke webnya Mozzila yang otomatis deteksi OS yang kita pakai. Saat unduh dari Windows, paket yang disediakan untuk diunduh berupa .exe, saat unduh dari Ubuntu, paket yang disediakan berupa .tar.bz2, etc.

Selesai mengunduh saya klik aja itu file hasil unduhan. Kirain bisa langsung install boook. Ternyata kagak😐 #mentalWindows

Dia malah buka archiver. Lah? Saya lupa gimana caranya memasang aplikasi dari file terkompresi di Ubuntu, maklum Ubuntunya udah stabil jadi ga usah diapa-apain lagi.. (ninja) #ahlesyan.

Jadilah saya gugling.

Kesimpulannya adalah, memang rada ribet masang FF4nya. Begini cara saya (yang dapet dari gugling)

1. Temukan lokasi di mana file tar.bz2 itu terunduh. Di saya sebelumnya adalah di folder Downloads, tapi agar lebih gampang kita taruh di folder Home saja. (ga ada ngaruhnya sih, cuma saya iseng aja mindah ke sono)

2. Udah buka terminal kan?

3. Urai filenya dengan  tar xjf firefox-*.tar.bz2

4. Udah terpasang tuh, mulai firefox dengan ketik  ~/firefox/firefox

5. Firefox terluncur.

6. Muncul pesan error ( di saya, mungkin berbeda untuk anda),

LoadPlugin: failed to initialize shared library libXt.so [libXt.so: cannot open shared object file: No such file or directory]
LoadPlugin: failed to initialize shared library libXext.so [libXext.so: cannot open shared object file: No such file or directory]
LoadPlugin: failed to initialize shared library /usr/lib/jvm/java-6-openjdk/jre/lib/i386/IcedTeaPlugin.so [libmozjs.so: cannot open shared object file: No such file or directory]
nah yang ini karena.. entah XD

One thought on “Memasang Peramban Firefox 4 di Ubuntu

Leave a Reply

