PdaNet on Android

Pada beberapa hari yang tak bisa diduga kedatangannya, kantor saya bisa mendadak mati listrik, yang berarti ikut matinya server, hence jaringan intranet maupun internet. Walau selang beberapa saat kemudian generator menyala dan menghasilkan tenaga yang cukup untuk menyalakan komputer dan beberapa lampu tertentu, saya sudah terlanjung pundung. Alokasi tenaga yang dihasilkan generator cuma diprioritaskan untuk komputer dan lampu, nggak dibagi untuk menghidupkan server, maka mau kerja pun nggak bisa, karena sebagian besar pekerjaan saya membutuhkan terhubungnya jaringan, setidaknya LAN.

Mari kita lewati bagian kekesalan karena hilangnya data-data yang belum sempat disimpan dan langsung membahas bagian paling penting dari peristiwa ini, yaitu MAGABUT HORE. Kebetulan definisi magabut hore saya itu adalah browsing di internet. Tapi kan tapi kan server matik sampai entah kapan? Trus maen internet e piyeee..?

Oh, that was old times.. Sekarang saya punya hape Android yang bisa saya andalkan untuk come to the rescue <insert theme song Sailormoon di sini>.

Seperti yang sudah kita semua tahu, hape Android bisa kita manfaatkan untuk berbagi koneksi internet antara hape dan PC/laptop dengan memanfaatkan koneksi data hape. Karena yang dipake berbagi itu koneksi data hape, maka bandwidth tergantung provider anda, ya. Kalau anda ingin mencoba sharing koneksi ini, saya sarankan untuk memakai paket data unlimited.

Berbagi koneksi data Android – PC/laptop ini bisa memakai tether, bluetooth, atau mobile hotspot. Read more.

Selama ini saya sering pake yang mobile hotspot, karena paling gampang. Kalo perangkat anda (saya pake laptop) sudah support wifi, tinggal centang menu mobile AP di Settings – Wireless and networks – Tethering and portable hotspot – Mobile AP, maka laptop langsung bisa terhubung ke internet tanpa perlu setting lagi, seperti kalo mau konek ke wifi biasa. Kalau penggunaan jaringan mau diproteksi untuk anda saja atau beberapa orang saja, tinggal pakein password. Udah gitu doang. Kalo via bluetooth saya belum pernah pake, karena baik laptop saya maupun PC kantor tak support bluetooth.

Sudah sejak lama saya penasaran dengan fungsi tethering pada Android saya, yang sebelum pernah berhasil saya  manfaatkan. Saya kira saya sudah melakukan semua langkah yang diperlukan untuk tethering via native app, namun kalo dicoba dipake untuk internetan, selalu unable to connect. Entah jaringan saya yang lemah sinyalnya, atau kurang setting entah di mana. Baru beberapa hari ini saya mencoba cara lain untuk tethering; lewat application.

Teman saya menyarankan untuk memakai app ini, PdaNet. Katanya dengan app ini, selain untuk tethering, bisa meminimalkan gap kecepatan koneksi internet antara kalau browsing lewat hape langsung dibanding kalau make komputer via hape. Beklah mari kita cobak.

Pertama, anda bisa mendownload app ini di Google Play di sini, bisa sekalian dicek di situ kompatibilitas perangkat anda dengan app ini. Setelah otomatis terinstall di Android, pergi ke menu app, yang akan meminta anda untuk mendownload app PdaNet untuk desktop. Silakan unduh mana yang sesuai dengan OS PC anda di sini, menunya ada untuk Windows dan MacOS. Sayang belum support Linux (tapi entah kalo yang untuk Mac itu bisa dimodif nggak, belum dicoba). Install app untuk desktop seperti biasa, setelah berhasil install, cek apakah icon menu PdaNet tampil di taskbar anda.

Demikian, anda sudah siap tetheriiiingg…

Cek apakah fungsi USB debugging Android anda sudah aktif di Settings – Applications – Development – USB debugging (centang). Koneksikan perangkat Android anda ke komputer dengan kabel USB, lalu akses app PdaNet di Android anda, klik di USB Tether Mode, tunggu verifying connections. Klik pada icon PdaNet di taskbar desktop anda, klik connect to internet, dan anda sudah bisa terhubung. Sangat mudaaaah.. Ke mana aja gueee..😄

One small problem though, paket data saya sudah habis sejak tadi malam. Byte per second it is. Lumayanlah masih bisa buka versi mobile..😐

PS: PdaNet otomatis pake GoogleDNS😄

Leave a Reply

