TeamViewer pada Ubuntu 11.10

Pertama-tama mari kita tidak bertanya mengapa saya masih memakai Ubuntu 11.10.  Lanjut.

Karena kebutuhan remote akses komputer lain yang semakin mendesak (baca: butuh numpang donlot), maka saya mencoba beberapa aplikasi yang telah tersedia untuk menjawab kebutuhan saya itu tadi. Waktu itu saya sempat mencoba LogMeIn dan TeamViewer. (Bisakah dua biji dikatakan “beberapa”? Tidak bisa, kata KBBI. But I’m a rebel like that.)

Btw di websitenya TeamViewer ada mbak-mbak tsakep jadi kita bahas aplikasi yang itu aja. Lagipula aplikasi ini multiplatform jadi bisa dipake di Windows di Linux di Android di Mac uwaw pokoknya apa banget.

mbak tsakep

Untuk memasang TeamViewer di Windows cukup gampang, tinggal donlot lalu klik dobel di .exe nya, I agree, next, next, maka TeamViewer sudah terpasang. Untuk di Ubuntu juga cukup gampang. Cukup pergi ke websitenya TeamViewer untuk mendonlot .deb nya lalu pilih yang sesuai dengan OS yang anda pakai. Nih linknya.

Atau anda bisa mencoba pencarian di Ubuntu Software Center. Cukup ketikkan “TeamViewer” di kotak pencarian. Maka anda tidak akan menemukan hasil pencarian apapun.

Atau bisa juga lewat terminal. Ambil bis jurusan Pulogadung lalu nyambung angkot ke Bekasi. Nyasar woi.

Buka terminal lalu tulis:

untuk 32 bit

wget http://www.teamviewer.com/download/teamviewer_linux.deb

untuk 64 bit

wget http://www.teamviewer.com/download/teamviewer_linux_x64.deb

Lalu setelah package terunduh, pindah ke folder tempat unduhan tadi lalu tulis

sudo dpkg -i teamviewer_linux.deb

atau kalau yang 64 bit jadi

sudo dpkg -i teamviewer_linux_x64.deb

tunggu sebentar sementara package dipasang.

Jadi deh.

Penggunaannya cukup mudah*

*syarat dan ketentuan berlaku: Anda mencatat ID dan password komputer (yang bisa berganti tiap sesi) yang akan anda akses.
Dan karena saya kebetulan malas mengingat hal sedemikian maka saya pilih cara kedua, yaitu:

Mendaftarkan akun di TeamViewer.

Jika anda malas mencatat password tiap kali akan meremote akses, isi define personal password.

Yang akan berguna untuk melist komputer mana saja yang telah anda daftarkan atas akun tersebut sehingga bisa anda akses dengan lebih mudah. Jika saya login ke TeamViewer baik dari komputer lain ataupun handheld, saya bisa melihat komputer mana yang online atas akun saya untuk dipilih akses remotenya. Di sini contohnya saya hanya punya satu komputer lain yang online yang telah saya daftarkan di bawah akun tersebut.

Tinggal klik, masukkan password yang diminta, lalu anda sudah bisa terhubung dengan komputer yang ingin anda tuju.

Leave a Reply

